Dasar Pemograman Computer
Wednesday, September 11, 2013
Add Comment
Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi sedikit tentang dasar pemograman komputer, yang mana ini merupakan ilmu yang baru qw dapatkan setelah menginjak bangku kuliah.
Sebelum lebih jauh mengenal tentang Dasar pemograman komputer ada kalanya membahas sejarahnya. Pada mulanya bahasa komputer digunakan
untuk membantu dalam melakukan perhitungan-perhitungan telemetri (bahasa mesin
yang hanya mengenal angka 1 dan 0). Selanjutnya bahasa mesin tersebut
disederhanakan dengan istilah-istilah khusus yang disebut mnemonic
seperti ADD, MOV, JMP, Dll. Tahun 1969, laboratorium Bell AT&T di
Muray Hill, New Jersey menggunakan bahasa assembly ini untuk
mengembangkan sistem operasi UNIX, maksudnya adalah untuk membuat sistem
operasi yang dapat bersifat “programmer-friendly”. Setelah UNIX berjalan, ken thompson,
seorang pengembang sistem di laboratorium tersebut mengembangkan complier baru
dengan nama bahasa B, huruf B ini diambil dari BCPL (Lambat, Interpret). Pada tahun
1971 sistem operasi UNIX lemudian ditulis ulang dengan menggunakan
bahasa C, yaitubahasa pemrograman yang dikembangkan oleh dennis ritchie,
seorang pengembang sistem di laboratorium yang sama.Sampai sekarang bahasa C masih digunkan
untuk melakukan pengembangan2 program OS Windows dan Linux. Tahun 1983, seorang doktor bernama Bjame
Stroustrup yang juga bekerja di laboratorium yang sama menciptakan bahasa baru
yaitu bahasa C++yang merupakan bahasa hybrid dari bahasa C (OOP)
Vs C++
Kedua bahasa yang digolongkan pada tingkat
menengah (Middle Level Language) Cikal Bakal Pascal (High Level Language)Bahasa Tingkat Tinggi: ADA, Modula-2,Pascal,Cobol,Fortran, Visula
Basic Dll. Bahasa Tingkat Menengah: Java, C++,C,Fort. Bahasa Tingkat Rendah: Macro-Assembler, Assembler. Menurut Bjarne Stroustrup (pencipta C++)
alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar dari pembentukan bahasa C++:
- Dapat dihubungkan dengan bahasa
tingkat rendah
- Berjalan dimanapun dan untuk masalah
apapun
- Berjalan mulus pada operasi UNIX
Konsep Bahasa
Pemrograman
Bahasa
(Language)
o Suatu Sistem untuk berkomunikasi.
o Bahasa tertulis menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata.
o Dalam Ilmu Komputer :
§ Bahasa Manusia (Bahasa Alamiah)
§ Bahasa Komputer (Bahasa Pemrograman)
§ Bahasa Pemrograman (Programming Language)
o Suatu Sistem untuk berkomunikasi.
o Bahasa tertulis menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata.
o Dalam Ilmu Komputer :
§ Bahasa Manusia (Bahasa Alamiah)
§ Bahasa Komputer (Bahasa Pemrograman)
§ Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Kumpulan
perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax) yang dapat dimengerti
komputer
yang berguna didalam penyelesaian masalah.
yang berguna didalam penyelesaian masalah.
Kerangka
program C++
Fungsi Utama dengan nama main (). Selanjutnya jika kita ingin mendefinisikan fungsi-fungsi lain maka
kita akan melakukannya diluar fungsi utama tersebut.
Fungsi Utama dengan nama main (). Selanjutnya jika kita ingin mendefinisikan fungsi-fungsi lain maka
kita akan melakukannya diluar fungsi utama tersebut.
File.h (header
File)
File header (file dengan ekstensi .h)
adalah file yang berisi fungsi-fungsi dan telah dikompilasi
sebelumnya. Apabila
kita kan menggunakan suatu file header tertentu, maka kita kan mendaftarkannya
melalui directive #include.
C++ Klasik dan
C++ Modern
Perbedaan yang paling tampak adalah pada
compliler C++ Klasik masih menggunakan namespace
global,
sedangkan pada C++ modern yang digunakan adalah namespace std
Identifier
Identifier adalah suatu pengidenifikasi
yang berfungsi untuk menampung sebuah nilai yang digunakan dalam program.
Identifikasi ini dilakukan untuk mmpermudah proses penanganan data atau nilai. Dalam menentukan atau membuat identifier
dalam program, kita harus memperhatikan hal-hal berikut:
}Identifier tidak boleh berupa angka atau
diawali dengan karakter yang berupa angka
Contoh: long 100;, long 2x, long x2
} Identifier tidak boleh mengandung spasi
Contoh: int bilangan bulat;, int
bilangan_bulat;, int bilanganbulat, int_bilanganbulat;
} Identifier tidak boleh menggunakan
karakter2 simbol (#,@,$%.. dll)
Contoh: long !satu;, long dua@;, long
ti#ga;
} Identifier tidak boleh menggunakan kata
kunci
Contoh: long break;, long return;.
Identifier
Konstanta
Konstanta adalah jenis identifier yang
bersifat konstan atau tetap artinya nilai dari konstanta di dalam program tidak
dapat dirubah. Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang merupakan tetapan,
misalnya nilai pi, kecepatan cahaya dll. Dengan mendefiniskan konstanta yang
bersifat global, maka kita dapat menggunakannya di setiap bagian program
segini dulu ya yang bisa qw tulis saat ini, mungkin lain waktu bisa di lanjutkan, karena masih banyak yang harus qw lakukan semoga ilmu ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.
0 Response to "Dasar Pemograman Computer"
Post a Comment