Bendungan Lahor Karang Kates Malang

Bendungan Lahor Karang Kates Malang | esokharinanti.com - Bendungan lahor pasti tak asing lagi di telinga kalian yang sudah sering melintas di perbatasan Blitar - Malang. Lokasi Bendungan Lahor memang berada di perbatasan kedua kabupaten itu, tepatnya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dan tidak jauh dari waduk utama yaitu Bendungan Karangkates alias Bendungan Ir. Sutami.
Bendungan Lahor Karang Kates Malang
Bendungan Lahor Karang Kates Malang
Presiden Suharto meresmikan Bendungan Lahor pada 1977, atau 3 tahun setelah presiden era Orde Baru itu meresmikan Bendungan Karangkates (yang kemudian ia ganti namanya jadi Bendungan Sutami pada 1981). Selain untuk mengguyur pembangkit listrik, Bendungan Lahor juga difungsikan untuk irigasi.

Dan sebagaimana Bendungan Sutami, Bendungan Lahor juga menjadi penyuplai air bagi PLTA Sutami. Bendungan Lahor mensuplai 1 pembangkit 35 MW, sedangkan Bendungan Sutami mensuplai 2 pembangkit 35 MW.
Bendungan Lahor Karang Kates Malang
View di bendungan lahor
Kini bendungan lahor sudah menjadi tempat wisata keluarga, selain itu juga di gunakan sebagai jalan pintas bagi pengendara motor maupun mobil yang ingin mempersingkat jarak tempuh dari Malang ke Blitar ataupun sebaliknya.\Untuk dapat menikmati kawasan bendungan lohor, cukup membayar karcis 1000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil, Anda sudah bisa menikmati pemandangan di Bendungan Lahor Karangkates. Murah meriah bukan?

Bendungan lahor paling cocok kalau dijadikan tempat singgah bagi mereka yang melakukan perjalanan Malang - Blitar, karena di tempat itu juga tersedia berbagai macam kuliner. Menu andalan yang dapat dinaikmati disana adalah ikan bakar dan aneka macam masakan lauk ikan.
Bendungan Lahor Karang Kates Malang
Suasana jalanan di atas bendungan lahor
Di dalam danau bendungan lahor, anda bisa berkeliling danau dengan naik perahu motor dengan membayar ongkos yang bervariasi untuk mengelilingi danau di bendungan lahor. Selain itu anda juga bisa memancing ikan disini.

Sementara ketika anda lewat sore atau malam hari, suasananya di sepanjang trotoar dan pagar bendungan yang ramai diduduki pengunjung. Apalagi malam minggu, hampir di sepanjang trotoar di samping pagar bendungan penuh dipadati pengunjung.
Bendungan Lahor Karang Kates Malang
Salah satu contoh muda mudi yang selfi di bendungan lahor
Mulai dari pasangan muda-mudi pacaran, orang berekreasi sekeluarga, gerobak orang jualan, hingga rombongan-rombongan jomblo yang kehadirannya cuma nambah-nambahin sesak tempat itu saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Bendungan Lahor Karang Kates Malang"

  1. keren juga tempatnya buat bersantai sore-sore nih.

    ReplyDelete
  2. kayaknya kurang sarananya ya, mungkin kalau ditambah sarana yg lain lebih asyik kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kurang untuk sarananya, kalau di tambah boleh lah biar menjadi lebih menarik

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel